Selamat datang di blog saya... "AndyKaito's Blog" Terima Kasih atas kunjungannya.. Jangan lupa komentar yaa ?? ^_^ hehehe

Monday, April 16, 2012

Kiat Menghadapai Berbagai Karakter Rekan Kerja


Dalam kehidupan banyak ditemui berbagai karakter manusia. Ada tipe orang yang menyenangkan, ada juga beberapa orang yang menyebalkan, hingga Anda berharap tidak akan pernah bertemu dengan orang itu lagi.


Kenyataannya Anda banyak menemui orang-orang yang tidak Anda sukai di kantor, tapi mau tidak mau Anda harus bisa bekerjasama dengan orang-orang tersebut. Berikut ini, ada beberapa cara yang efektif untuk Anda agar bisa bekerja dengan berbagai karakter,


Rekan kerja yang menyulitkan
Gosip, berusaha menjatuhkan dan tidak mau diberi tahu merupakan tipe pekerja yang menyulitkan. Jangan sampai rekan kerja tersebut mengganggu performa kerja Anda. Cobalah mencari tahu mengapa orang itu sangat menyulitkan dan cari jalan keluarnya.


Bullying rekan kerja
Rekan kerja yang sering melakukan bullying atau kekerasan akan sangat sulit diajak bekerjasama. Mereka, bukan hanya berani untuk bermain fisik, tapi juga psikis. Orang seperti ini akan terus mencari celah untuk menjatuhkan Anda. Semakin Anda mencoba melawan, semakin mereka mencoba menggoyahkan Anda.


Tetaplah tenang dan percaya diri menghadapi rekan kerja yang kerap mem-bully. Ketika mereka sadar bahwa Anda tidak bereaksi dengan cara yang mereka inginkan, mereka akan mundur dengan sendirinya.


Mengganggu rekan kerja
Orang-orang yang hobi 'mengganggu', tidak akan berpikir dua kali untuk mengolok-ngolok, menghina dan mengumbar sisi buruk Anda dihadapan khalayak. Orang seperti ini, akan selalu mencari kesempatan untuk melakukan serangan verbal pada rekan kerja.


Orang-orang seperti ini biasa takut konfrontasi. Jadi, cara terbaik utuk menangani mereka adalah dengan sikap permusuhan. Langsung tegur dan tanyakan apa yang dia maksud dengan semua olokannya. Pada akhirnya, orang yang sering mengolok-ngolok Anda akan menjauhi Anda.


Pengeluh
Tipe pengeluh akan menyulitkan Anda dan keluhannya dapat membawa kenegatifan di lingkungan kantor. Cobalah untuk tunjukkan sikap optimis kepadanya, dengan harapan, sikap optimis Anda juga bisa tertular kepadanya dan rekan kerja lainnya.


Orang yang sangat pendiam
Orang yang pendiam biasanya tampak murung. Dia memberikan aura seolah-olah hidup sangat berat dan sangat sulit untuk bisa berbagi. Cara terbaik adalah dengan mengajaknya minum di coffe shop kantor sambil berusaha mengajaknya bercanda untuk memecahkan ketegangan yang selama ini terbentuk.

Sumber : wiki-mania

No comments:

Post a Comment